4 Contoh Kerusakan pada Perangkat Keras Komputer dan Solusinya!

Masalah yang terjadi pada perangkat keras komputer itu membutuhkan sebuah penanganan khusus. Karena masalah ini sulit sekali dilokalisir dan diatasi tanpa bantuan tools yang tepat. Selain itu, masalah pada hardware komputer ini umumnya hanya dapat diatasi dengan keahlian dan pengalaman yang tepat. Maka dari itulah, dibawah ini adalah solusi untuk mengatasi kerusakan pada hardware komputer:

Kerusakan Perangkat Keras Komputer pada Power Supply

Gejala kerusakan pada power supply ini bisa terlihat ketika menyalakan PC, maka tidak ada reaksi apa-apa. Bahkan, sampai tidak ada tampilannya di dalam monitor, tidak ada lampu LED yang menyala, kipasnya tidak berputar, dan lampu indikator monitor juga tidak menyala. Beberapa masalah ini adalah pertanda bahwa power supply memang sedang mengalami masalah besar.

 Maka dari itulah, untuk mengatasi permasalahan pada perangkat keras komputer ini, maka cek dulu apakah kabelnya sudah tersambung dengan benar atau tidak. Kemudian, lihat pada steker yang telah terpasang pada soketnya. Apakah ada tombol on dan off pada belakang power supplu yang sudah berada dalam kondisi On.

Bila Anda yakin bahwa semuanya sudah benar, namun tidak merespon. Silahkan langsung saja ganti kabel power untuk solusinya. Cari kabel yang terbaik. Karena bisa jadi masalah ini terjadi karena tidak ada tegangan listrik yang masuk ke dalamnya. Sehingga, hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian kabel power.

Sedangkan jika ketika PC dinyalkaan namun tidak ada reaksi, tidak ada tampilan dalam monitor, tidak ada nyala LED, kipas power supply tidak bekerja, namun lampu indikator menyala, maka solusinya tetap lakukan seperti cara di atas. Namun, bila tetap tidak ada hasilnya, artinya masalahnya pada power supply.

Jadi, silahkan saja ganti power supply-nya dengan yang baru. Namun sebelum itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memasangnya. Karena bila ternyata kerusakan terjadi dibagian power supplu, maka dengan Anda sudah menggantinya, komputer langsung bisa berjalan normal. Berbeda lagi jika masalah terjadi pada komponen yang lain, maka PC tidak akan menyala.

Kerusakan Perangkat Keras Komputer pada Mother Board

Bila processor adalah walikota. Maka motherboard adalah kotamadya. Itu adalah dimana bagian komputer tersebut saling terhubung dan berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Bila motherboard mulai bermasalah, ini bisa menjadi masalah yang cukup besar dari pada hanya mengganti 1 perangkat saja. Saat itu terjadi, ini seperti kota yang sedang dilanda banjir.

Itu artinya, akan ada banyak korban karena kejadian ini. Namun meskipun begitu, motherboard itu umumnya kokoh. Sehingga, untuk terjadi kerusakan dalam pemakaian sehari-hari itu sangat sulit sekali. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan demi merawat dan memastikan jika ada kerusakan pada bagian ini, antara lain:

  1. Overheat pada CPU. Penyebab utama kerusakan perangkat keras komputer ini adalah overheat atau kepanasan pada CPU-nya. Beberapa komponen CPU yang kerap mengalaminya adalah harddisk, processor, VGA, RAM. Beberapa komponen ini bisa mengakibatkan terjaidnya kerusakan pada bagian motherboard jika Anda tidak segera mengatasinya. Maka dari itulah, untuk mengatasinya, pakai kipas tambahan.
  2. IC komponen Terbakar. Ini bagian controller yang bisa menjalankan tugasnya dari komponen PC. Permasalahan pada IC bisa merusak motherboard, khususnya ketika terjadi korsleting dan kemudian terbakar. Maka dari itulah, kurangi panas yang berlebihan agar tidak sampai terjadi kebakaran pada IC. Sehingga, permasalahan ini bisa lebih diminimalisir lagi.
  3. Arus listrik dan tegangan yang tidak stabil. Ini adalah salah satu penyebab kenapa motherboard PC bisa rusak. Tegangan dan juga suplai listrik yang tidak bisa stabil ini membuat motherboard tidak mendapatkan suplai listrik sebagaimana mestinya. Sehingga, bgian ini menjadi bermasalah dan tidak bisa menjalankan sistemnya dengan baik. Hingga pada akhirnya terjadinya kerusakan pada motherboard.

Kerusakan pada motherboard ini jika dibiarkan begitu saja akan membuatnya terbakar. Biasanya ini akan terjadi saat tegangan listrik dan suplainya terlalu besar. Mau tahu alasannya kenapa? Ada 2 hal kenapa motherboard bisa rusak akibat dari suplai listrik. Yaitu, karena power supply yang kualitasnya buruk. Sehingga, power supply ini memang sudah sering mengalami kerusakan.

Selain itu, teganan listri di rumah (AC) yang kerap naik turun dan sering tidak stabil juga bisa membuat kondisi motherboard bisa rusak. Tak hanya itu saja, ternyata pengguna laptop yang menggunakan baterai laptop kW ini bisa membuat suplai listrik mejadi tidak stabil. Akibatnya, jika terus dilakukan akan membuat bagian motherboard menjadi rusak.

Ini bisa saja terjadi karena dari awal Anda sudah tidak menggunakan tegangan yang sesuai dan tepat seperti yang seharusnya. Maka dari itulah, pastikan tegangan listrik di rumah selalu stabil. Agar PC dan laptop tidak cepat rusak. Karena sayang sekali bila Anda harus mengganti hardware hanya karena tegangan listrik yang bermasalah di rumah Anda.

Kerusakan Perangkat Keras Komputer pada Harddisk

gejala kerusakan pada hard disk ini bisa terlihat ketika CPU dinyalakan, maka saat melakukan proses post, maka prosesnya tidak berlanjut. Bahkan diam hingga beberapa saat tidak masuk ke dalam sistem operasi. Setelah itu, dalam layar monitor ada pesan, hard disk failur, hard disk error, dan ada pesan press f1 to continue.

Saat Anda sudah menekan F1 namun muncul pesan sistem operasi tidak ditemukan, maka solusi untuk mengatasi kerusakan pada perangkat keras komputer adalah dengan mengecek kabel tegangan dan juga cek kabel data yang telah masuk ke dalam hard disk. Lihat dulu apakah longgar atau tidak. Ada baiknya kencangkan kabelnya dulu. Barulah setelah itu nyalakan.

Cobalah dengarkan apakah ada suara yang keluar dari hard disknya. Bila tidak normal suaranya, artinya hard disk sedang rusak dibagian controllernya. Namun, berbeda lagi jika muncul gejala, seperti ketika CPU dinyalakan, lalu melakukan post dan ada pesan sistem operasi tidak ditemukan, ini bisa jadi operating system memang rusak. Jadi, harus diinstal ulang.

Kerusakan Perangkat Keras Komputer pada Floopy Disc dan CD/DVD/ROM/RW

Gejala yang bisa ditimbulkan saat terjadi kerusakan dibagian floopy disc dan juga DVD/ CD/ RW/ ROM adalah tidak terdeteksinya pada windows, tidak dapat mengeluarkan atau memasukkan CD, tidak dapat membaca, menulis, atau hanya sekedar dapat membaca saja pada CD. Sedangkan gejala kerusakan pada floopy disc adalah tidak dapat membaca, ataupun menulis, bahkan bisa write protect.

Untuk mengatasinya, cek dulu kabel tegangan dan kabel. Lalu periksa setup biosnya. Cek bagian nyala LED. Bila tidak menyala, artinya kerusakan ada dalam controllernya, kerusakan pada karet motor, kerusakan pada optik sehingga Anda harus mengatur ulang optik itu dan membersihkan head yang kotor untuk mengatasi kerusakan pada perangkat keras komputer.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

4 Cara Cek Kuota Axis

Cara cek kuota Axis memang harus anda ketahui terutama bagi anda yang menggunakan kartu Axis ini. Internet memang…
Read More

3 Cara Cek Pulsa Simpati

Sebagai pengguna kartu Simpati, mengetahui cara mengecek Pulsa Simpati sudah menjadi sebuah keharusan. Hal ini sangat penting untuk…