Defenisi Jaringan Komputer dan Contohnya

Anda mungkin sudah tidak asing dengan jaringan komputer. Karena jaringan pada komputer itu terdiri atas banyak macam. Dimana setiap jaringannya tersebut memiliki fungsi dan penggunaan yang tidak sama. Maka dari itulah, dibawah ini akan kami bahas tentang pengertian jaringan, jenis-jenisnya, beserta topologinya lebih jauh lagi.

Definisi Jaringan pada Komputer

Jaringan komputer terjadi saat ada 2 atau bahkan lebih komputer yang terhubung dengan yang lainnya untuk berbagi data.  Jaringan ini dibangun menggunakan kombinasi hardware dan juga software. Untuk membuat jaringan ini, maka router dan switch memakai berbagai algoritma dan protokol untuk bertukar data dan membawanya ke dalam titik akhir.

Setiap titik akhir ini disebut juga dengan host. Yaitu, sebuah jaringan yang punya pengenal unik, dan disebut juga dengan alamat IP atau disebut dengan alamat Media Access Control untuk menunjukkan tujuan transmisinya. Endpoint ini terdiri atas komputer pribadi, server, telepon, dan berbagai macam hardware jaringan.

Macam-macam Jaringan pada Komputer

Ada banyak macam-macam dari jaringan komputer yang harus diketahui. Karena setiap jaringannya memiliki fungsi yang tidak sama. Maka dari itulah, untuk melihat seperti apakah fungsinya, di bawah ini kami jelaskan tentang macam-macam dari jaringan pada komputer yang kerap ditemukan dan digunakan fungsinya dimana-mana, antara lain:

  1. LAN

Lan berguna untuk menghubungkan jaringan menggunakan jarak pendek. Biasanya, dalam 1 gedung kantor, gedung sekolah, ataupun rumah jaringan hanya berisi 1 LAN saja. Namun meskipun begitu, ada juga yang 1 gedungnya berisi beberapa LAN kecil untuk setiap kamarnya. Selain itu, terkadang LAN juga menjangkau sekelompok bangunan yang ada didekatnya.

Dalam jaringan TCP atau IP, LAN kerap dipakai namun tidak selalu dijadikan sebagai subnet IP yang tunggal. Selain beroperasi ke dalam ruangan yang terbatas, LAN ini biasanya bisa dikendalikan dan dikontrol oleh 1 orang atau 1 organisasi.  Mereka biasanya memakai teknologi konektivitas tertentu, seperti token ring dan ethernet, dan memakai wifi.

  • MAN

Man atau Metropolitan Area Network ini jaringan pada komputer yang berguna untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih ke dalam 1 kota yang sama. Jika jarak yang menghubungkan 2 LAN tidak mungkin bisa dipakai untuk membangun jaringan, ini membuat jaringan MAN dipakai. Maka dari itulah, MAN itu lebih besar dari LAN, namun lebih kecil dari WAN.

  • WAN

Jaringan Komputer WAN ini biasanya lebih sering disebut dengan kumpulan LAN yang telah tersebar dengan cara geografis. Perangkat jaringan router bertugas untuk menghubungkan LAN ke WAN. Untuk jaringan IP, router berguna untuk menyimpan LAN dan juga alamat WAN. WAN biasanya tidak dimiliki 1 organisasi saja. Namun, dinaungi oleh pengelolaan yang kolektif. WAN sering dipakai untuk ATM.

  • PAN

Pearson Area Network ini sama halnya dengan jaringan LAN. Karena PAN itu meliputi wilayah yang jauh lebih kecil dari itu. Misalnya saja, seperti jaringan kantor, atau jaringan rumah. Umumnya, jenis jaringan ini kerap dipakai untuk berbagi resources, seperti printer atau internet. Jadi, ini berbeda dengan jaringan sebelumnya.

  • CAN

CAN ini disebut juga dengan campus area network. CAN itu cara kerjanya sama seperti MAN. Hanya saja, lingkupnya lebih terbatas pada akademi atau universitas. Jaringan CAN ini biasanya digunakan untuk memenuhi kegiatan pendidikan, yaitu praktik lab, pembaruan kelas, email, ujian, notifikasi, dll. Seperti itulah fungsi dari CAN.

  • Internet

Ini adalah jaringan komputer yang paling besar yang dibuat manusia. Internet telah berhasil menghubungkan hingga jutaan perangkat komputasi, seperti laptop, PC, server, workstation, tablet, smartphone, TV, CCTV, webcam, dll. Untuk menghubungkannya, banyak sekali infrastruktur dan teknologi yang dipakai. Karena itulah hasilnya juga lengkap, karena bisa terbuka untuk semua pengguna.

  • VPN

VPN ini seringkali dipakai pada beberapa provider internet. Ini adalah salah satu cara untuk memberikan jaringan koneksi internet yang lebih private dan lebih aman. Misalnya saja untuk perusahaan yang punya 2 kantor. Yaitu, di Bandung dan Jakarta bisa memakai vpn. Karena VPN bisa memberikan jalur internet yang aman dan bisa dipakai untuk transmisi data.

Definisi Topologi Jaringan

Topologi pada jaringan komputer itu lebih fokus pada tata letak perangkat yang telah terhubung. Topologi ini bisa dibilang menjadi struktur virtual jaringan. Bentuk ini umumnya tidak selalu sama dengan tata letak fisik sesungguhnya. Misalnya saja, seperti komputer yang menggunakan jaringan rumah diatur menjadi lingkaran di ruang keluarga. Namun, tidak mungkin menggunakan topologi cincin di rumah.

Macam-macam Topologi Jaringan

Topologi dari jaringan itu terbagi atas beberapa tipe dasar. Yaitu, bus, ring, star, tree, dan mesh. Jaringan yang semakin kompleks bisa dibangun menjadi hybrid dari 2 atau bahkan lebih dari topologi dasar yang telah disebutkan di atas. Di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentang macam-macam dari topologi jaringan komputer, antara lain:

  1. Topologi Bus

Jaringan bus ini memakai kabel untuk tulang punggungnya. Kabel topologi ini berguna untuk media komunikasi. Perangkat yang mau berkomunikasi dengan perangkat lainnya dalam jaringan akan mengirim sebuah pesan lewat kabel yang telah tersambung dengan 2 perangkat itu. Namun, peneria yang dituju bisa menerima dan memproses pesannya.

  • Topologi Ring (Cincin)

Pada jaringan cincin ini, setiap perangkatnya ada 2 tetangga yang berguna untuk berkomunikasi. Semua pesan perjalanannya dilakukan lewat cincin dengan arah yang sama. Bila terjadi kerusakan pada kebal, maka ini bisa menurunkan semua jaringannya. Untuk mengimplementasikan jaringan ini bisa memakai token ring, SONET, dan FDDI.

  • Topologi Star (Bintang)

Jaringan yang paling sering memakai topologi ini adalah jaringan rumah. Jaringan ini punya titik koneksi pusat atau hub note sebagai hub jaringan, router atau switch. Perangkat ini biasanya terhubung dengan UTP. Daripada menggunakan topologi bus, jaringan star butuh kabel banyak. Namun, kegagalan kabel jaringannya bisa menurunkan akses jaringan komputer.

  • Topologi Tree (Pohon)

Topologi ini bergabung menjadi satu dengan topologi bintang demi membentuk sebuah topologi bus. Dalam bentuk yang lebih sederhana, Cuma perangkat hub saja yang tersambung dengan bus pohon secara langsung. Setiap hubnya berguna untuk akar pohon perangkat. Dengan hybrid di antara bintang dan bus mendukung perluasan jaringan yang lebih baik dari bus atau bintang.

  • Topologi Mesh

Topologi ini memperkenalkan konsep rute. Jadi, tidak sama seperti topologi terdahulu. Pesan yang dikirim menggunakan jaringan mesh ini bisa mengambil salah satu dari sejumlah jalur yang berasal dari sumber ke tempat tujuannya. Biasanya yang memakai routing mesh ini adalah beberapa WAN, seperti internet yang memakainya.

Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang jaringan pada komputer jika melihat dari bagian-bagiannya. Dengan memahami beberapa hal di atas, diharapkan hal ini bisa membantu Anda untuk mengetahui tentang seperti apakah jaringan itu dan apa saja fungsinya jika melihat dari varian jaringan komputer itu sendiri.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *